Sidak Pegawai, DPRD Nunukan Pastikan ASN Bekerja Profesional.

NUNUKAN – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Nunukan menggelar Inspeksi mendadak, Senin (8/2) di sejumlah Organisasi Perangkat Daerah Nunukan.

Hj Leppa
Ketua DPRD Nunukan, Hj Leppa.

Kegiatan ini dilaksanakan untuk memastikan Aparatur Sipil Negara (ASN)  bekerja Profesional terkait pelayanan publik di sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Nunukan.

” Kami terima aspirasi bahwa ada sejumlah organisasi perangkat daerah kurang melayani masyarakat, ASN yang bersangkutan tidak dikantor, terutama kepala Dinas, ini merupakan bentuk pengawasan DPRD Nunukan terkait Disiplin pegawai negeri dan pelayanan setiap dinas,” kata ketua DPRD Nunukan, Hj Leppa.

Sidak Pegawai Lingkungan Pemkab Nunukan.
Anggota DPRD Nunukan saat menggelar sidak di Kantor Badan Perbatasan Kabupaten Nunukan.

Sejumlah instasi di Kabupaten Nunukan yang menjadi target beberapa hari ini meliputi, Disnakertrans, Dinas Perikanan dan Kelautan, Dinas Kesbangpol, Satpol PP, Badan Perbatasan Nunukan dan Pemadam Kebakaran.

Anggota legislatif menyambangi kantor yang dimaksud, saat mengkroscek Absensi ditemukan beberapa kepala dinas dan staf tidak sedang di kantor, karena menerapkan sistem Work From Home (WFH) atau bekerja dari rumah dan juga tanpa keterangan.

Hj Leppa
Ketua DPRD Nunukan juga mengunjugi Dinas Pemadam Kebakaran.

” Ini adalah bentuk pengawasan kami terutama pada komisi I membidangi Kepegawaian, untuk mengukur sejauhmana tingkat kedisplinan pegawai pemerintah daerah, yang tidak menjadikan covid 19 sebagai alasan tidak hadir di kantor, WFH boleh diterapkan tetapi pelayanan terhadap masyarakat tetap berjalan.” lanjut Ketua DPRD Nunukan.

Ia berharap agar setiap OPD mempertahankan kedisplinan dan meningkatkan kinerja pegawai, karena menurutnya keberhasilan progres pekerjaan diawali dari hal yang terkecil seperti kehadiran dan menyelasaikan tugas yang di amanahkan atasan.

Hj leppa
Ketua DPRD Nunukan memeriksa Absensi Pegawai maupun Tenaga Honorer di Kesbangpol Nunukan.

Selain itu, anggota DPRD Nunukan juga memotivasi semangat ASN, agar dimasa pandemik covid 19 ini, tidak menurunkan kualitas disiplin baik terkait absensi maupun kinerja pegawai itu sendiri.

” Saya pikir Nunukan akan jauh lebih maju apabila ASN terdepan memberikan contoh, bukan hanya pegawai atau kepala dinas tetapi kami juga di DPRD wajib meningkatkan kedisiplinan dan kinerja untuk kepentingan semua masyarakat di Kabupaten Nunukan tanpa terkecuali.” tegas Hj Leppa.

DPRD Nunukan memiliki tiga fungsi dalam pemerintahan antara lain, Fungsi Legislasi, membuat dan menetapkan peraturan daerah, Fungsi Badgeting, membahas anggaran bersama pemerintah daerah dan Fungsi Pengawasan, memonitoring progres pembangunan dan  kinerja pemerintahan di Kabupaten Nunukan.#pubdokdprdnnk

Bagikan :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *