SEKRETARIAT DPRD

Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah adalah penyelenggara administrasi kesekretariatan, administrasi keuangan, pendukung pelaksana tugas dan fungsi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah, dan bertugas menyediakan dan mengkoordinasikan tenaga ahli yang diperlukan oleh DPRD sesuai dengan kemampuan keuangan daerah. Sekretariat dewan dipimpin oleh sekretaris dewan yang secara tekn is operasional dibawah dan bertanggungjawab kepada pimpinan DPRD dan secara administratif bupati melalui sekretaris daerah, sebagaimana yang termaktub dalam Perda Nomor 20 Tahun 2008 pasal 7 ayat (3).

Dengan diberlakukannya UU No.32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah, sebagai pengganti UU No.3 Tahun 2005, telah memberikan kewenangan yang lebih besar kepada DPRD sebagai Lembaga Perwakilan Rakyat di Daerah. Sejalan dengan kewenangan yang lebih besar kepada lembaga DPRD tersebut diperlukan Sekretariat Dewan yang cukup tangguh untuk membantu DPRD dalam menjalankan tugas dan fungsinya. Sebab tanpa dukungan yang kuat dari Sekretariat Dewan, DPRD tidak akan dapat melaksanakan tugas dan fungsi secara optimal.

Setwan mempunyai rumusan tugas membantu melaksanakan segala usaha dan kegiatan DPRD yang meliputi pelaksanaan informasi, keuangan dan administrasi serta asistensi dalam rangka pelaksanaan tugas, wewenang serta hak dan kewajiban dewan, lebih jauh rincian tugas dan wewenang setwan diuraikan antara lain, sebagai berikut :

  1. Melakukan koordinasi, integrasi dan sinkronisasi seluruh penyelenggaraan tugas setwan
  2. Menyusun rencana, mengolah, menelaah dan menyiapkan koordinasi perumusan kebijakan pimpinan DPRD.
  3. Pembinaan administrasi dalam arti membina urusan tata usaha, mengelola dan membina kepegawaian, mengelola kenangan dan perbekalan DPRD.
  4. Menyiapkan penyelenggaraan persidangan dan membuat risalah rapat-rapat DPRD.
  5. Mengatur penerimaan tamu-tamu dewan atau delegasi masyarakat yang menyampaikan aspirasinya kepada Dewan serta kegiatan pimpinan dewan .
  6. Memberikan pertimbangan teknis kepada pimpinan Dewan khusunya dalam kegiatan alat-alat kelengkapan dewan.
  7. Memelihara dan membina keamanan serta ketertiban dalam kantor / gedung dewan dan rumah jabatan pimpinan dan anggota dewan.
  8. Melakukan hubungan antar lembaga umum dan masyarakat.

Melihat besarnya tanggungjawab sekwan dalam rincian tugas seperti disebut diatas, tanggungjawab tersebut dilimpahkan kepada bagian-bagian untuk pelaksanaannya sesuai dengan job discription (uraian tugas) kemudian untu kelancaran kepala-kepala bagian melimpahkan tugas-tugas tersebut kepada sub bagiannya. Adapun susunan organisasi sekretariat DPRD Kabupaten Nunukan di pimpin oleh Sekwan (sekretaris Dewan ) kemudian di bantu oleh bagian-bagian yang terdiri 4 bagian yaitu :

  1. Bagian persidangan dan perundang-undangan, terdiri atas :

Sub bagian Persidangan, Sub Bagian Perundang-undangan, Bagian umum, terdiri atas : Sub Bagian Perencanaan Program, Sub Bagian Umum, Sub Bagian Keuangan, Bagian Humas dan Protokol, terdiri atas ; Sub Bagian Humas Sub Bagian Protokol, dan; Kelompok Jabatan Fungsional.

Bagian Persidangan dan Perundang-undangan

Bagian Persidangan, mempunyai tugas mempersiapkan penyelenggaraan rapat-rapat,  peninjauan DPRD dan tindak lanjutnya; Selain tugas-tugas seperti di atas, Bagian Persidangan mempunyai fungsi sebagai berikut :

  1. Penyusunan Program Kegiatan Persidangan dan Peninjauan DPRD;
  2. Penyiapan rapat dan peninjauan DPRD
  3. Penyusunan surat laporan, Penjelasan Acara & Catatan Singkat/Risalah rapat-rapat dan  peninjauan DPRD

Bagian Umum : Bagian Umum, mempunyai tugas menyelenggarakan kegiatan Ketatausahaan, Administrasi Kepegawaian Sekretariat DPRD dan Anggota DPRD, Urusan Rumahtangga & Keamanan

Dalam dan urusan Perlengkapan. Selain tugas tersebut, Bagian Umum mempunyai fungsi :

  1. Penyelenggaraan kegiatan Ketatausahaan DPRD dan Sekretariat DPRD
  2. Pengurusan administrasi kepegawaian serta perencanaan dan pengembangan kemampuan pegawai.
  3. Perencanaan, pengadaan/pengurusan peralatan untuk keperluan DPRD dan Sekretariat DPRD
  4. Pengurusan barang inventaris DPRD dan Sekretariat DPRD
  5. Penyelenggaraan urusan rumah tangga DPRD dan Sekretariat DPRD
  6. Penyelenggaraan keamanan dan ketertiban Kantor DPRD

Bagian Keuangan

Bagian Keuangan , mempunyai tugas menyiapkan Rencana Anggaran dan Pengelolaan Keuangan untuk keperluan DPRD dan Sekretariat DPRD, selain tugas tersebut fungsinya adalah :

  1. Penyusunan Rencana Anggaran DPRD dan Sekretariat DPRD
  2. Pengelolaan Anggaran DPRD dan Sekretariat DPRD
  3. Penyelenggaraan Administrasi Keuangan DPRD dan Sekretariat DPRD
  4. Penyusunan Laporan Pertanggungjawaban DPRD dan Sekretariat DPRD

Bagian Humas dan Protokol

Bagian Humas, mempunyai tugas menyelenggarakan kegiatan Keprotokolan dan mengurus  Administrasi Perjalanan Dinas DPRD dan Sekretariat DPRD, menyebarluaskan pemberitaan kegiatan DPRD, menampung dan menyalurkan usul/pendapat masyarakat serta menyusun  Laporan Kegiatan Sekretariat DPRD, Selain tugas-tugas diatas, Bagian Humas mempunyai fungsi :

  1. Penyelenggaraan kegiatan keprotokolan
  2. Pengurusan administrasi Perjalanan DInas DPRD dan Sekretariat DPRD
  3. Penyiapan bahan dan penyebarluasan pemberitaan kegiatan DPRD
  4. Penerimaan dan penyaluran usul/pendapat masyarakat
  5. Pengumpulan dan pengolahan data dan informasi serta penyajian laporan.