FRAKSI – FRAKSI

FRAKSI DPRD NUNUKAN

Untuk mengoptimalkan pelaksanaan fungsi serta tugas dan wewenang DPRD serta hak dan kewajiban anggota DPRD, dibentuk fraksi sebagai wadah berhimpun anggota DPRD. Setiap anggota DPRD wajib menjadi anggota salah satu Fraksi. Setiap fraksi di DPRD beranggotakan paling sedikit 4 (empat) orang atau sama dengan jumlah komisi di DPRD. Partai Politik yang jumlah anggotanya di DPRD mencapai ketentuan sebagaimana dimaksud atau lebih dapat membentuk 1(satu) fraksi. Dalam hal partai politik yang jumlah anggotanya di DPRD tidak memenuhi ketentuan sebagaimana diimaksud, anggotanya dapat bergabung dengan fraksi yang ada  atau membentuk fraksi Gabungan.

Fraksi Gabungan sebagaimana dimaksud dibentuk berdasarkan kesepakatan atau keputusan bersama. Dalam hal tidak ada satu partai politik yang memenuhi persyaratan untuk membentuk fraksi sebagaimana dimakdsud diatas, maka dibentuk fraksi gabungan. Jumlah fraksi gabungan paling banyak 2 (dua) fraksi. Partai politik harus mendudukkan anggotanya dalam satu fraksi. Pembentukan fraksi dilaporkan kepada pimpinan DPRD untuk diumumkan dalam rapat paripurna DPRD.  Fraksi yang telah diumumkan dalam rapat paripurna bersifat tetap selama masa keanggotaan DPRD.

Tugas dan wewenang Fraksi :

  1. Menyalurkan dan memperjuangkan aspirasi masing-masing anggota fraksi.
  2. Menentukan dan mengatur segala sesuatu yang menyangkut urusan fraksi.
  3. Meningkatkan kualitas, kemampuan, efisiensi dan efektifitas kerja para anggota.
  4. Memberikan pemandangan umum tentang pengambilan keputusan persetujuan atau penolakan atau kebijakan yang lain.
  5. Memberikan pertimbangan kepada pimpinan DPRD mengenai hal-hal yang dianggap perlu berkenaan dengan bidang tugas DPRD baik diminta atau tudak diminta.

FRAKSI FRAKSI DPRD NUNUKAN

FRAKSI PARTAI HANURA
FRAKSI PARTAI PKS

FRAKSI GABUNGAN

FRAKSI DEMOKRAT

PARTAI DEMOKRAT
PARTAI BULAN BINTANG

FRAKSI GERAKAN KARYA PEMBANGUNAN

PARTAI GOLKAR
PARTAI GERINDRA
PARTAI PPP

FRAKSI PERJUANGAN PERSATUAN NASIONAL

PARTAI PDIP
PARTAI PERINDO
PARTAI NASDEM