DPRD Nunukan Terima Kunjungan Siswa Pramuka.

NUNUKAN – Anggota Legislatif menerima kunjungan siswa Pramuka Nunukan, mereka diterima langsung ketua DPRD Nunukan, Hj Leppa dan sejumlah anggota dewan lainnya, Senin (23/8) di Kantor DPRD Nunukan.

Kunjungan ini bukan terbilang baru, sebelumnya bahkan setiap tahunnya siswa berseragam coklat itu anjang sana di Kantor tersebut, selain siswa Pramuka juga siswa SD dan SMU pernah berkunjung di Kantor perwakilan rakyat tersebut.

Kunjungan pramuka Pelangi Dikantor Dewan.
Saleh SE menyampaikan Tupoksi DPRD Nunukan dalam Kunjungan Siswa Pramuka Pelangi 2021 Di Kantor DPRD Nunukan.

Melalui kegiatan ini Sekretaris DPRD Nunukan, Agustinus Palentek SS, memperkenalkan anggota legislatif yang berkesempatan hadir saat itu, antara lain Wakil Ketua DPRD Nunukan, Saleh SE, dan Burhanuddin S.HI, serta anggota DPRD Nunukan, Andre Pratama dari Partai Bulan Bintang, Robinson Totong dari Partai Demokrat, Hendrawan dari Partai Nasdem, Inah Anggrainy dari Partai PKS dan Kanain Kornelis, Hj Nikmah dari Partai Hanura.

Dalam kesempatan tersebut, Wakil Ketua DPRD Nunukan, Saleh SE dan Burhanuddin, S.HI, MM menjelaskan tentang tupoksi DPRD Nunukan, sebagai perwakilan raykat dan mitra Pemerintah Daerah.

Saleh mengatakan, bahwa tiga fungsi DPRD Nunukan, meliputi Fungsi Anggaran (Budgeting), Legislasi (Pembentukan Peraturan Daerah) dan Fungsi Kontrol yakni mengawasi jalannya sistem dan pembangunan di Peritahan Daerah.

Selain itu, Burhanuddin S.HI juga menyampaikan kepada siswa Pramuka, bahwa di lembaga perwakilan rakyat ini terdiri dari alat kelengkapan meliputi tiga komisi, Komisi I Bidang Pemerintahan, Komisi II Bidang Perekonomian dan Keuangan serta Komisi III Bidang Kesejahteraan Rakyat.

Kunjngan Pramuka Di Kantor DPRD Nunukan
Burhanuddin, S.HI, MM menyampaikan Tupoksi DPRD Nunukan dalam Kunjungan Siswa Pramuka Pelangi 2021 Di Kantor DPRD Nunukan.

DPRD Nunukan juga dilengkapi Badan Badan yang merupakan bagian dari Alat Kelengkapan yang bersifat tetap, antara lain Badan Musyawarah, Badan Anggaran, Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) dan Badan Kehormatan.

Lebih lanjut disampaikan Wakil ketua II DPRD Nunukan ini, untuk mengoptimalkan pelaksanaan fungsi serta tugas dan wewenang DPRD serta hak dan kewajiban anggota DPRD, maka dibentuk fraksi sebagai wadah berhimpun anggota DPRD.

“ Setiap anggota DPRD wajib menjadi anggota salah satu Fraksi dan  Setiap fraksi di DPRD beranggotakan paling sedikit 4 (empat) orang atau sama dengan jumlah komisi di DPRD.” Kata Burhanuddin S.HI, MM

Dengan penyampaian tersebut, Siswa Pramuka semakin memahami tugas dan Fungsi Pokok DPRD Nunukan, selain menjaring aspirasi dan tugas tugas lainnya. Sebanyak 45 siswa SMP yang hadir saat itu berkesempatan untuk melihat setiap ruang kerja anggota dewan termasuk ruang rapat paripurna.

Kunjungan siswa Pramuka dari SMP se Kabupaten Nunukan merupakan kegiatan Perkemahan Penggalang sehat Untuk Negeri (Pelangi) 2021 yang diselenggarakan sejak Sabtu 21 Agusutus di Sei Bilal Kabupaten Nunukan.#pubdokdprdnnk.

Bagikan :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *