DPRD Nunukan Bahas Dua Raperda Usulan Pemda.

NUNUKAN – DPRD bahas dua Raperda usulan Pemeritah Kabupaten Nunukan yakni Raperda tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah serta Raperda tentang Perusahaan Umum Daerah Air Minum Tirta Taka.

Kegiatan ini dihadiri Wakil Ketua DPRD Nunukan, Burhanuddin S.HI, MM dan Ketua serta anggota Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD Nunukan, Kabag. Hukum dan Perundang-undangan, Kabag. Organisasi  Sekretariat Daerah Nunukan dan Direktur PDAM Nunukan, beserta jajarannya.

Rapat Pembahasan Dua Raperda Usulan Pemkab
Rapat Pembahasan Dua Raperda Usulan Pemkab

Ketua Bapemperda DPRD Nunukan, Hj Nursan SH mengatakan kedua Raperda ini perlu pembahasan lebih lanjut karena merupakan amanat undang-undang agar secepatnya bisa menjadi regulasi daerah yang betujuan meningkatkan pelayanan birokrasi dan peningkatan pendapatan deerah.

“ Kita tidak perlu mengulur waktu membahas ini karena masih ada lagi agenda DPRD selanjutnya, hari ini kita mengundang instansi terkait untuk membahas kedua Raperda ini kemudian kita Paripurnakan menjadi Peraturan Daerah,” kata Hj Nursan SH. Rabu (25/8) di ruang rapat Ambalat 1 DPRD Nunukan.

Hj Nursan SH
Ketua Bapemperda DPRD Nunukan, Hj Nursan SH.

Pembahasan dua Raperda tersebut cukup alot karena hal tersebut terkait dengan peningkatan kualitas kinerja pemerintah daerah, sehingga pembahasan lebih detail terutama dalam pelaksanaan yang memerlukan penyesuaian baik dari sisi anggaran maupun dari segi teknis.

Perampingan Birokrasi menjadi tuntunan peraturan perundang undangan, sehingga pemerintah daerah wajib menyederhadakan susunan perangkat daerah tujuannya adalah efisien. efektifitas, dan profesional melayani masyarakat.

Selain itu Penyederhanaan birokrasi juga bertujuan agar Pemerintahan Daerah menjadi dinamis dan gesit yang tentunya mewujudkan profesional ASN fokus pada pekerjaan fungsional, artinya seluruh eselon 4 itu akan difungsionalkan untuk mempercepat sistem kerja tanpa harus menunggu kehadiran saat rapat secara langsung,

Pembahasan Raperda Pemkab Nunukan
Kabag Organisasi Sekretariat Daerah Kabupaten Nunukan, Helmi Pudaaslikar.

“ Jadi kita sudah terbiasa dengan Kondisi Pandemi ini, tanpa harus menunggu peserta rapat namun bisa dilakukan secara virtual begitupun dengan pekerjaan kantor bisa dilakukan dari rumah, hal ini lah yang menjadi salah satu pendekatan realisasi dari penyetaraan jabatan ini,” kata Helmi Pudaaslikar, Kabag Organisasi Sekretariat Daerah Nunukan.

Lebih lanjut disebutkan mantan Kasubag. Persidangan dan Perundang-undangan DPRD Nunukan ini, berdasarkan ketentuan Menteri PAN RB pegawai fungsional sistem kerjanya berbeda dengan struktural dan hal ini akan diterapkan setelah dilakukan pelantikan pegawai fungsional itu.

Dengan penyederhanaan birokrasi ini, tetunya akan mendorong efektifitas dan efiseinsi kerjauntuk mewujudkan birokrasi Indonesia setara dengan sistem pemerintahan di dunia pada 2024, sehingga pembenahan dan penyederhanaan birokrasi sangat perlu dilakukan seluruh pemerintah daerah.

Diektur PDAM Nunukan
Diektur PDAM Nunukan, Masdi SE.

Terkait Raperda tentang Perusahaan Umum Daerah Air Minum Tirta Taka Kabupaten Nunukan, yang juga menjadi agenda Pembahasan dalam rapat tersebut, diharapkan kedepannya dapat memberikan kontribusi terhadap pembangunan Kabupaten Nunukan.

Direktur PDAM Nunukan menjelaskan, bahwa dengan berubahnya status PDAM menjadi Perusahaan Umum tentu jangkauan usaha akan lebih luas, berbeda dari sebelumnya yang dibatasi dengan urusan instalasi jaringan distribusi air bersih.

“ Sementara Perumda dapat memperluas usaha di bidang pengairan, seperti menata embung menjadi kawasan wisata, dan mengelola air minum mejadi air kemasan dan masih banyak lagi perencanaan untuk lebih mengembangkan perusahaan yang tujuannya adalah peningkatan pendapatan asli daerah,” kata Masdi.

Dari sejumlah penjelasan tersebut, DPRD Nunukan berharap agar pelaksanaan Raperda yang dimaksud dapat menjamin peningkatan kualitas pelayanan terutama  fungsi Sosial perusahaan umum daerah sehingga manfaatnya dapat dirasakan langsung masyarakat Kabupaten Nunukan. #pubdokdprdnnk.

Bagikan :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *