Definitif, Tiga Unsur Pimpinan DPRD Nunukan Dilantik

Ketua dan Wakil Ketua DPRD Nunukan, meandatangi berita acara Pengucapan Sumpah/Janji Peresmian Pimpinan DPRD Kabupaten Nunukan Masa Jabatan 2019-2024.

NUNUKAN – Hj Leppa, H. Irwan Sabri, SE, Burhanuddin, S.HI resmi di kukuhkan pagi tadi, oleh ketua Pengadilan Negeri Nunukan, Jumat (4/10) melalui Sidang Paripurna IV Pengucapan Sumpah/Janji Pimpinan DPRD Kabupaten Nunukan Masa Jabatan 2019-2024 di ruang rapat Paripurna Kantor DPRD Nunukan.

Tiga unsur pimpinan DPRD Nunukan ini masing-masing menjabat Ketua dan dua Wakil Ketua. Hj. Leppa dari Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) menjabat Sebagai Ketua DPRD, H. Irwan Sabri SE dari Partai Demokrat menjabat sebagai Wakil Ketua I dan Burhanuddin, SHI dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menjabat sebagai Wakil Ketua II DPRD Kabupaten Nunukan.

Bersama anggota dewan, unsur pimpinan DPRD nantinya, melaksanakan tugas pertama yaitu, membentuk alat kelengkapan, seperti pembentukan komisi, Badan anggaran, badan Legislasi, badan musyawarah dan badan urusan rumah tangga.

Dalam waktu dekat, akan segera diadakan pembentukan alat kelengkapan dewan sehingga fungsi dewan khususnya, dibidang anggaran, legislasi dan bidang lainnya dapat segera berjalan.” Kata Ketua DPRD Nunukan, Hj Leppa.

Selain itu, kata Hj Leppa, program DPRD kedepan melakukan pembahasan KUA dan PPAS tahun 2020, karna hal ini menurutnya merupakan bagian dari pembangunan daerah sehingga perlu diagendakan lebih cepat, untuk merealisasikan kebutuhan pembangunan masyarakat kabupaten Nunukan.

“ kami berharap badan anggaran dan pemerintah melalui tim anggaran pemerintah daerah, dapat bekerja dengan optimal, agar rancangan peraturan daerah APBD 2020 dapat disetujui sesuai dengan ketentuan yang ada.” lanjutnya.

Kedepannya juga, kata ketua DPC. Partai Hanura ini, DPRD Nunukan mengagendakan, pembahasan dibidang legislasi tujuannya adalah untuk melakukan kajian terhadap peraturan daerah yang dianilai tidak sesuai dengan kondisi dilapangan.

Karena itu, himbaunya, agar peraturan yang ada disesuaikan hingga penetapan rancangan peraturan daerah bersama pemerintah daerah, baik yang diajukan dari inisiatif dewan maupun dari pemerintah daerah Kabupaten Nunukan.

“ Harus kita pahami bahwa begitu berat tanggungjawab anggota DPRD untuk mewujudkan segala harapan masyarakat yang diwakilinya dengan latar belakang berbeda, karena itulah rakyat harus menjadi kontrol terhadap anggota DPRD sebagai wakil rakyat yang bekerja untuk rakyat.” Kata Hj. Rachma Leppa menyampaikan sambutannya setelah pengucapan sumpah/janji pimpinan DPRD Nunukan.

Menurutnya, Legislatif dan Eksekutif harus seirama dalam pembangunan Kabupaten Nunukan kedepan, dengan menetapkan prioritas kebutuhan rakyat sifatnya harus mendesak, karena itu lanjutnya, membutuhkan stressing dan kerja keras untuk pencapaian program yang telah direncanakan.

“ Selaku lembaga perwakilan rakyat, selain bertanggungjawab kepada kepentingan rakyat, harus diutamakan juga mampu bekerjasama dengan pemerintah daerah, beserta segenap jajarannya dan masyarakat.” kata Istri Mantan Bupati Nunukan, H. Abdul Hafid Achmad.#Fik

Tugas Pimpinan DPRD.
Bagikan :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *